Back to campus lagi (biasanya memang dimana?). Itulah yang saya rasakan ketika menginjakkan kaki di Nanyang Polytechnic International yang disingkat NYPI. Kampus yang lokasinya di pinggrian kota Singapura ini tampak lengang dimalam hari. Kami nayampai bandara Changi memang sudah cukup malam, sekitar pukul 21.00, dan langsung dijemput oleh satu bis dan satu mobil box pembawa koper. Kami datang berombongan 35 orang dari berbagai penjuru Indonesia dan terbagi di dua kelompok yakni food processing dan bid data (yang terakhir ini kelompok saya). Lokasi kampus dari bandara Changi sekitar 22 km dan ditempuh hanya dalam waktu 30 menit (Singapura malam hari tanpa macet juga).

Dalam bis terdapat perwakilan dari international office yang menyambut kita dan menjelaskan sekilas mengenai NYPI, apartment, access card, access wifi, dan pembagian kunci kamar. Semua dilakukan di atas bis dan smoothly. 30 menit kemudian sampailah kami di apartemen, disini terdapat 3 apartemen yang masing2 terdiri dari 10 lantai. Apartemen kami disebut Blk 170, atau blok 170. Saya sekamar dengan teman satu departemen dari prodi Sistem Informasi, mbak nasa yang juga seorang programmer handal. Nah, kenapa saya bisa masuk kesini?? nanti baca cerita saya di seleksi retooling. Kita menempati apartemen di lantai 8, masing2 lantar terdapat 4 unit, dan masing2 unit terdapat 3 kamar tidur, masing2 kamar tidur terdapat 2 bed hahaha....apartemen cukup spacy, selain kamar ber-ac, juga terdapat dapur lengkap dengan alat masak, microwave, kulkas, n utensilnya, 2 kamar mandi shower dan bathtub, laundry room, ruang jemuran, dan living room with aircon. Jadi untuk apartemen, kita bilang ini sudah nyaman. Apartemen dibersihkan seminggu 2 kali, bedsheet dan handuk diganti tiap minggu, nice isnt it??

______

Pagi hari, kita sudah dijemput jam 9 tepat di lobby apartemen, if they said jam 9 mean jam 9. Okay, penjemput adalah staf dari NYPI yang menunjukkan jalan menuju gedung kuliah kita nantinya. Jadi dijelaskan perjalanan dari apartemen ke Gedung D (tempat kuliah kita) kurang lebih 500 meters dan memakan waktu 10-15 menit jalan. Jalan menyusuri gedung, dan semua gedung connected. KIta juga ditunjukkan school of IT dimana nanti kita belajar disana juga. Kita ditunjukkan kantin, yeey foody...terdapat 4 kantin besar disini yang menawarkan variety of meals with affordable price which is start from 2SGD-8SGD, lumayan kan....some stalls offer halal food as well.

Sampai di Gedung D, kita disambut dengan breakfast, yeey....ada sandwiches, bread, and cakes, coffee and tea. I love the coffee, kopi disini kalo saya rasa cukup strong tapi tidak bikin kembung dan deg-degan, untuk tea teman2 bilang too bold and some of them didnt like the tea, but one day I will try. Setelah breakfast, kita masuk ke pengenalan NYPI disini dijelaskan sejarah NYPI, sejarah polytechnic di Singapura, sistem pendidikan di Singapura oleh Direktur NYPI (director itu pimpinan tertidnggi pada perguruan tinggi). Jadi NYPI ini 'bagian' dari NYP tetapi NYPI khusus menangani training untuk international students just like us. Mereka banyak melakukan training bagi negara2 seperti Indonesia, Bangladesh, Vietnam, Kambija, and so on. More tentang NYPI cek disini.

Jam 12, kita ada welcome lunch break, Indonesia menu Singaporean Taste nasi goreng, sate, ikanasam manis hahha, oseng sayuran, bubur ketan hitam, and coffee and tea. We have 1 hour break this time, but during the program the break will be 2 hours to give is enough time to pray and lunch. Mengingat di NYPI tidak ada prayer room, jd kl mau sholat hrs kembali ke apartemen dulu which is 500 meter tadi hahah...

Program berlangsung dari pagi pukul 9-12, 12-14 break, dan 14-17 materi lagi...kalo dibilang sore banget selesainya, nggak juga sih karena matahari terbenam disini pukul 19.30...jd jam 5 masih terang benderang. Untuk materi akan diulas satu2 yah. 

Hari pertama ternyata tidak selesai hanya sampai jam 17.00 saja, jam 17.30 kit asudah ditunggu perwakilan international office untuk pengenalan sekitar NYPI, misalnya tempat MRT, bagaimana beli tiket, pasar, klinik, dan lokasi sekitar kampus. Hasilnya, kaki gempor ga ketulungan karena kita jalan kakiii, hampir 5 kilo yah muter2. bersambung... 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :